CAGAR BUDAYA BENGKULU ,MANFAAT DAN HARAPAN MASYARAKAT.

CAGAR BUDAYA BENGKULU ,MANFAAT DAN HARAPAN MASYARAKAT.


Hai perkenalkan saya Wulandari asal Bengkulu.

Pasti perkenalan seperti itu sudah biasa kita lakukan, tapi bagaimana jika saat kamu perkenalan tapi mereka tidak tahu asal daerah kalian. Seperti halnya saya jika bermain sosmed yang sudah berjamuran saat perkenalan diri pasti banyak yang menanyakan dimana sih Bengkulu di Kalimantan yah ?
Itu membuat saya beberapa kali  kesal. Padahal Bengkulu provinsi yang tidak terlalu kecil di Sumatra dan banyak menjadi saksi sejarah Indonesia. Ini loh Bengkulu
Bengkulu kotaku yang kaya sejarah. Bicara tentang sejarah kali ini aku akan kenalin pada kalian beberapa situs budaya yang ada dibengkulu
 ayo simak.

1.      Rumah Pengasingan Bung Karno
Pertama saya akan kenalin kalian tentang rumah pengasingan Soekarno yang berada di pusat kota  yaitu dijalan Anggut Atas kecamatan Gading Cempaka. Rumah yang dijadikan tempat pengasingan Bung Karno ini dulu milik seorang pendagang tionghoa yang bernama Lion Bwe Seng yang rumahnya di sewa oleh pihak belanda.


Untuk masuk ke situs budaya satu ini hanya membutuhkan uang Rp 3000.00,
Dengan uang Rp 3000.00 anda bisa menikmati wisata sejarah saksi bisu seorang Soekarno yang pernah diasingkan ke Bengkulu. Jadi saat masuk ada beberapa perabotan yang dipajang seperti meja dan kursi dan beberapa potret photo bersejarah yang lain.
Fasilitas dari situs budaya ini sangat memadai perabotan dan barang barang sisa peninggalan dari Bung Karno dijaga dengan baik. Seperti halnya saya berkunjung waktu itu rumah pengasingan bung karno sedang dalam masa perbaikan. Itu bukti nyata bahwa Bengkulu sangat mehargai sejarah yang ada. Rumah ini mememiliki wilayah yang luas tapi sangat terawat  dan jika anda terus kebelakang akan ada penjual oleh-oleh khas Bengkulu wah sangat menarik bukan. Rumah yang ditepati oleh Bung Karno pada tahun 1938 sampai 1942 ini sekarang dijadikan situs budaya sekaligus tempat wisata dan edukasi bagi pelancong. Jika kita perhatikan saat masuk gerbang awal ada penjual makanan tapi dalam kondisi tertib yah. Dan ada tukang parkir yang mengatur kendaraan para wisatawan secara tidak langsung situs budaya satu ini membantu perekonomian warga setempat.




2. Masjid Jamik

Ayo kita lanjut ke situs budaya yang kedua. Kalau tadi rumah yang ditepati oleh Bung Karno kalau yang satu ini hasil renovasi dari Bung Karno yaitu Masjid Jamik. Selepas dari pengasingan Bung Karno di tanah raflesia banyak jejak yang ditinggalkan oleh beliau. Masjid Jamik ini dulu nya hanya sebuah bangunan kecil yang bernama surau lamo. Berkat Bung Karno dan masyarakat setempat masjid ini mulai direnovasi sehingga menjadi seperti sekarang masjid ini dibangun perkiraannya tahun 1940. Saat ini masjid ini dimanfaatkan oleh masyrakat sebagai tempat warga muslim untuk shalat dan ada beberapa yang hanya sekedar beteduh di cuaca panas nya kota Bengkulu karena wajar masjid ini terletak di jantung kota Bengkulu yaitu diujung jalan soeprapto. Tapi dibalik panas nya kota Bengkulu masjid jamik mampu menyejukkan hati warga  dengan penataan dan pengolahan fasilitas yang bagus dan teratur membuat masjid jamik ramai dikunjungi , fasilitas dari air hingga tempat parkir yang teratur dan beberapa pohon yang dijadikan penyejuk sangat terasa manfaat nya bagi masyarakat.




3. Tugu Robert Halminton
Ayo siapa yang sering lewat jalan kesini di daerah kecamatan Teluk Segara. Pasti kalian menjumpai tugu ini karena berada persis di pertigaan jalan. Kalau pertama kali melewati jalan ini dan bertemu dengan tugu satu itu pasti tidak ada yang aneh bukan?. Tapi jika perhatikan tugu ini merupakan situs budaya yang ada di Bengkulu seperti yang ada di papan keterangannya. Tugu ini bernama tugu Robert Halminton nama yang asing jika disadingkan dengan nama orang Indonesia. Ternyata tugu ini merupakan sebuah bentuk penghormatan . Tugu yang dibangun oleh pemerintahan inggris karena sang kapten inggris Robert Halminton meninggal karena dibunuh  oleh tangan masyarakat Bengkulu pada tanggal 15 desember 1793. Tak disangka bahwa tugu ini banyak sejarah nya yah. Selain itu jika diperhatikan  monument ini beralas kotak dilengkapi dengan obelisk berbentuk limas segi empat. Tapi sayang nya karena berada ditengah jalan tugu ini sukar untuk dilihat lebih detail dan beberapa cat yang ada dibagian tugu ini tampak mulai memudar. Kesadaran dari kita bersama sangat dibutuhkan untuk mencegah salah satu situs budaya yang kita harusnya kita banggakan ini.




4. Tugu  Thomas Parr

Diantara kalian siapa sih yang suka photo di Kampung Cina yang menjadi hits dikalangan anak muda Bengkulu beberapa saat lalu. Kalau kalian termasuk diantaranya pastinya kalian akan kenal tugu satu ini. Tugu Thomas Parr yang terletak jalan Ahmad Yani di subdistrik Kampumg Cina. Tugu yang dijadikan salah satu situs budaya oleh pemprov Bengkulu dibangun pada masa penjajahan inggris . Tugu ini dibuat untuk mengenang kematian Thomas parr. Siapa itu Thomas parr ? Thomas parr merupakan residen inggris yang terbunuh pada masa itu. Biasanya nya tugu ini di manfaatkan oleh masyrakat untuk bersantai , pemerintah telah menyediakan beberapa kursi di setiap sudut nya.



5. Benteng Marlborough


 Kalau bicara tentang Bengkulu pasti benteng satu ini pasti disebut-sebut. Apalagi kalau bukan benteng Marlborough. Benteng ini terletak tidak jauh dari Tugu Thomas parr. Untuk memasuki benteng ini anda hanya perlu membayar Rp 5000.00,- . Kemudian anda bisa memasuki banteng ini. Pertama kali anda memasuki benteng ini akan disambut 2 jembatan , tenang guys jembatannya tidak ada air dibawah nya jadi jangan takut hanyut yah.Dan ada satu jembatan lagi di bagian yang terpisah 
Lalu kalian akan memasuki bagian dari benteng ini yang saya lihat seperti halaman tetapi diatur secara rapi . Ada beberapa meriam dan ada beberapa ruangan yang ditunjukan untuk wisatawan disana di sepanjang dinding diberikan beberapa potret tulisan yang berisikan informasi informasi tentang benteng Marlborough, seperti  pada suatu ruang pertunjukan ada diorama soekarno yang sedang berdiskusi dengan residen Bengkulu. dan masih banyak lagi yang ada dibenteng marlboroug. Benteng ini berdiri dan dibangun pada tahun 1713 sampai 1719 pada pemerintahan inggris. Benteng Marlborough  merupakan benteng terbesar di asia tenggara. Benteng Marlborough dengan segala aspek sejarah nya yang  merupakan kebanggaan masyarakat Bengkulu dan menjadi bagian dari masyarakat sejak dulu. Dengan bangunan sejarah sebesar ini  yang hadir ditengah kota Bengkulu tentu mempunyai dampak yang besar bagi masyarakat nya mampu menarik para pelancong baik dari dalam maupun luar daerah Bengkulu. Benteng Marlborough dengan setiap sudut nya menceritakan kita bagaimana kelam nya masa lampau kita dijajah perlahan mengganti setiap sudut nya menjadi canda tawa serta senyuman manis para wisatawan. Benteng Marlborough nemang manis dengan hadir benteng tua ini mampu menaikan kesejahteraan masyarakat sekitar masyarakat bisa berjualan sekedar makanan ringan disana. Bukan hanya jualan tapi itu mampu membantu perekonomian mereka Masyarakat memanfaatkan benteng ini bersantai , menikmati liburan dengan orang tercinta, dan ada juga sebagai objek belajar tentang sejarah yang ada di Bengkulu





APA SAJA SIH HARAPAN MASYRAKAT TENTANG BEBERAPA SITUS BUDAYA YANG ADA DI BENGKULU ?

“Saya berharap bahwa adanya perhatian lebih antara pemerintah dan juga masyarakat tentang situs budaya ini, pemerintah dan masyarakat diharapkan menjaga  dan melestarikan situs budaya ini , terutama tentang fasiilitas kebersihannya ,serta mengenalkan tentang apa saja situs budaya yang ada di Bengkulu “ kata rizki seorang mahasiswi dari universitas Bengkulu yang merupakan asli orang Bengkulu.
Dan saya pribadi juga berpikiran sama bukan hanya pemerintah saja yang harus bergerak tetapi masyrakat diharapkan untuk menyeimbangi. Ayo semua masyarakat Bengkulu untuk mulai peduli tentang apa yang kita miliki.
Apa aja harapan kalian terhadap situs budaya yang ada di Bengkulu?
Yuk mari kita bangun Bengkulu yang hebat dan menghargai sejarah nya . Bengkulu cam koha !






#StrategiKebudayaan
#KongresKebudayaanIndonesia
#BPJBjambi
#CagarBudayaBengkulu
#BentengMarlborough
#RumahPengasinganBungKarno
#MasjidJamikSoekarno
#TuguThomasParr
#BungkerJepangBengkulu
#SetengahAbadBengkuluEmas
#WonderfulBengkul
#Visit2020


Komentar

  1. mentang hp baru hunting troooos, ingat jang ingat asam lambung

    BalasHapus
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer